welcome to zone blogger betawi bangor

zona umum untuk ajang kita berbagi ilmu

Minggu, 25 Juli 2010

Setting radio wireless Nano Station

berikut ini adalah ilmu yang aye dapet dari tempat PKL.
cara setting radio wireless Nano station2 loco menurut pengalaman aye ni,,,

Radio Wireless Nano Station kuaran pabrik Ubiquiti yang sekarang banyak di pake sama orang-orang di hampir seluruh indonesia. dari radio ini juga banyak kelebihanya antara laen :elain form faktornya yang kecil sering di kenal efisien karna udah terintegrated dengan antena dual polarity 10 dBi, jadi kaga usah pake antena tambahan yang bikin biaya tambah banyak,radio ini juga udah punya power yang gede juga sekitar 26db atau 400 mw sampe-sampe radio ini bisa menjelajah kiloan meter,keren ga tuh,,,kiloan meter coy,,,


ini langkah-langkah yang aye tau buat konfigurasi setting radio yang tadi aye jelasin:


Masukkan ip default NS2 yaitu 192.168.1.20 pada address bar browser
yang biasa ente gunain,abis tu akan muncul dah dialog box buat login ke NS2 kaya di bawah.


abis itu, masukin username dan password default yang di kasih sama NS2 yaitu username: ubnt dan password: ubnt. kan uda di isi tuh tar juga bakalan muncul gambar kaya ginih:




udah begitu masuklah pada tab Link Setup yang ada di paling atas halaman. Pada Wireless Mode biasanya udah terseting default Station oleh NS2, jadi biarin aja. misalnya engga terseting Station ganti dengan mengklik tanda panah kebawah yang ada pada Wireless Mode dan pilih Station. trus gambar yang ada bakalan berubah.abis itu kita klik button Select pada ESSID, maka bakalan timbul dialog box yang berisi access point laen yang terdeket dan buat nentuin station yang lagi kita setting buat nyambung ke salah-satu dari access point yang udah terdaftar pada list dialog box tersebut. Disini aye bakalan milih NALE.BIZ



abis tu pada Country Code bisa ente ganti sama nama Negara tempat ente pada tinggal. Disini aye bakalan ngisi dengan Indonesia, Republic of.


klo udah selesai klik button Change yang ada pada halaman paling bawah. Dan akan muncul pertanyaan buat memastikan apakah ente akan mempergunakan setingan tersebut. trus klik Apply.

trus bakalan timbul dah dialog box Apply kaya dibawah ini.


klo udah selesai masuk ke tab Main buat ngeliat konfigurasi yang udah ente setting barusan. kaya gambar dibawah ini.


Signal Strength ngasih tau kekuatan sinyal yang diterima oleh NS2 kita terhadap NALE.BIZ
atau access point yang ente pilih barusan.

buat berikutnya kita bakalan menyetting ip NS2 kita yang ada pada tab Network. Klik tab Network pada halaman yang atas. Network mode bakalan terseting otomatis pada Bridge, maka biarin aja karena kita emang bakalan menseting NS2 kita dengan metode network Bridging. trus pada Network Setting yang ada Bridge IP Address yang udah terseting otomatis pada Statis. trus masukin IP Address yang sekelas dengan IP Gateway yang udah ente dapetin dari ISP (Internet Service Provider) ente. trus masukinn Netmask yang sama kemauan ente Dan masukin IP Gateway, DNS Primary dan Secondary yang udah di kasih ama ISP ente. Disini aye bakalan masukin IP Address NS2 10.10.11.241, Netmask 255.255.255.0, Gateway 10.10.11.242, DNS Primary 203.89.18.1 dan Secondary 203.89.18.2. kaya gambar 8 dibawah ini. Dan abis itu klik button Change yang ada pada halaman di bawah.



Dan bakalan timbul pertanyaan buat mastiin apakah ente mao gunain setingan tersebut. klo udah klik Apply.


trus bakalan muncul dialog box Apply kaya gambar gini .


buat seterusnya kita beralih ama laptop/pc ente. Gantilah ip Wireless ente pada Network Connection dan klik kanan Wireless Network Connection pilih properties, trus pilih Internet Protocol (TCP/IP), klik properties. Gantilah ip anda dengan ip yang sekelas dengan ip NS2 tadi. Disini ente wajib mengisinya dengan ip 10.10.11.249.

udah selesai yg di atas ente seting ip laptop/pc ente, trus cabut kabel utp pada port Ethernet laptop/pc ente dan pasangin pada port hub/switch. trus coba dah ente ping ke IP NS2 dan ke IP Gateway yang tadi udah kita kasih melalui command promt laptop/pc.

klo udah berhasil dapet dari replay dari masing-masing ip berarti ente udah berhasil menseting NS2 sebagai Station dengan Network mode Bridging. Dan bakalan terkoneksi dengan internet.

wasalam.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar